Minggu, 26 September 2010


Di Yogya, ada minuman kopi populer yang di dalamnya ditambahkan arang panas saat akan disajikan, sebutannya Kopi Arang atau Kopi Jos. Mungkin kata “Joss” di ambil dari suara yang di timbulkan akibat bara arang panas yang dimasukan ke dalam kopi tersebut. Tapi amankah minuman bercampur arang ini?, perlu diketahui bahwa arang yang dipakai untuk campuran kopi bukan arang biasa seperti yang dijual di pasaran, melainkan arang dari kayu jati dan kayu asem.


Dalam Kopi Arang atau Kopi Jos, penambahan arang panas pada larutan kopi tubruk (bukan instan) dimaksudkan agar cita rasa dan aroma kopi menjadi lebih mantap. Proses ini sebenarnya tidak berbahaya. Arang mengandung unsur karbon yang tidak akan tercerna oleh usus, sehingga setelah masuk ke dalam tubuh, akan terbuang lagi tanpa diserap.

Arang yang dipanaskan pada suhu diatas 250° Celcius akan menjadi karbon aktif yang berguna mengikat polutan dan racun.Karbon teraktivasi ini berguna untuk mengurangi ampas kopi, memperbaiki aroma, dan mengikat racun (belum ada penelitian resmi).

Selain itu ada khasiat lain yaitu :

1. Mengobati masuk angin
2. Mengobati sakit perut
3. Mengobati keracunan
4. Bikin tambah melek
5. Tambah stamina


Kalo anda lagi berkunjung ke Jogja mungkin perlu disempatkan untuk mencoba sensasi minum kopi campur arang ala Angkringan Jogja  salah satu tempat untuk mencari Kopi Arang atau Kopi Jos lokasinya berada persis di sebelah utara stasiun Tugu di Jalan Malioboro. Selain Kopi Arang atau Kopi Jos, angkringan itu juga menjual beraneka jenis makanan kaya sate telur puyuh, sate ayam, sate kerang, sate ampela ati, dan tak ketinggalan sego kucing. Setiap malam lokasi sekitar selalu ramai dengan para pengunjung, baik lokal maupun wisatawan karena tempatnya asyik buat nongkrong dan nyantai.

0 komentar: